Sabtu, 07 Mei 2011

Peranan Pengamatan Dan Abstraksi Dalam Belajar Fisika


Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu alam, fenomena dan mekanisme yang terjadi di dalamnya. Jadi ilmu ini berpijak pada realitas yang diimplementasikan melalui observasi (pengamatan). Mari kita lihat beberapa contoh berikut. Pada abad 16, yaitu era mekanika klasik, Newton menjelaskan dinamika benda. Menurut cerita, yang mengilhaminya untuk mengemukakan teori tersebut, ketika ia melihat apel jatuh. Realitasnya apel jatuh ke bumi, mengapa tidak sebaliknya? Melalui pengamatan yang intensif Newton kemudian menyimpulkan bahwa sebuah benda diam atau bergerak lurus beraturan dengan percepatan nol, jika tak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Selanjutnya, jika ada gaya-gaya yang bekerja padanya, maka benda mengalami percepatan yang sebanding dengan jumlah gaya. Setiap gaya yang ada selalu berpasangan yang disebut pasangan aksi-reaksi. Dengan hukum di atas dan dilengkapi dengan hukum gravitasi Newton, pada saat itu orang merasa mampu menjelaskan dan memprediksi semua gerak benda.
Dalam teori kuantum, Max Planck mengamati bahwa grafik energi radiasi benda hitam mempunyai maksimum jika frekuensinya ditinggikan. Hal ini bertentangan dengan teori saat itu bahwa energi radiasi bersifat eksponensial naik jika frekuensinya bertambah besar. Untuk mengamati perbedaan tersebut, Planck menganggap bahwa energi radiasi dibawa dalam bentuk kuanta-kuanta, sehingga energinya bersifat diskrit, bukan kontinu. Dengan postulat ini Planck mampu menjelaskan adanya maksimum dalam masalah di atas. Dengan titik tolak ini orang melihat bahwa teori untuk benda-benda kecil tak memenuhi kaidah fisika klasik yang dikembangkan sebelumnya. Dikembangkanlah teori kuantum. Heisenberg kemudian menghitung bahwa jika posisi diamati dengan presisi tinggi ternyata presisi pengamatan momentum berkurang. Diceritakan bahwa dalam perhitungannya, Heisenberg menemukan suatu bentuk perkalian yang "tak lazim", yaitu kuantitas AB tidak sama dengan BA. Pada saat itu ia memutuskan untuk berlibur saja, supaya pikirannya agak tenang. Dalam perjalanan ia ingat bahwa perkalian seperti itu merupakan sifat umum matriks. Jika demikian halnya kuantitas dalam perhitungan kuantum bersifat matriks, yang sekarang dikenal dengan operator dalam teori kuantum (Saat ini orang memandang operator secara umum, bukan saja berbentuk matriks).
Dari uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan berikut. Para ilmuwan tersebut memulai dengan pengamatan atau observasi terhadap gejala alam. Melalui ketekunan dan kesabaran yang tinggi, mereka mengamati gejala-gejala tersebut dalam kurun waktu yang lama. Kemudian mengabstraksikannya melalui proses induksi menjadi formula yang lebih umum. Yang lebih penting, ada unsur kesukaan mereka pada pekerjaannya. Fakta di negeri kita, pelajaran fisika belumlah merupakan pelajaran yang disukai. Banyak argumentasi yang diajukan untuk menjelaskannya, di antara alasan tersebut adalah fisika ilmu yang kering. Selain itu, masalah yang dibahas tak menyentuh aspek kehidupan yang ada di sekelilingnya (lingkungannya). Walaupun sesuai dengan sifatnya bahwa pelajaran fisika diberikan berulang secara spiral (misalnya hukum Newton di tingkat Sekolah Lanjutan Pertama akan dibahas lebih mendalam di tingkat berikutnya), tetapi tak mampu mengatasi masalah di atas. Bahkan, kadang-kadang membuat siswa makin bosan. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa pendapat dan usulan berikut. Penjelasannya dilakukan melalui contoh-contoh masalah.
Karena ilmu fisika mempelajari realitas dan fenomena alam, sebelum membahas suatu hukum (misalnya hukum Newton), berilah dahulu ilustrasi dan contoh yang ada di sekitar kita untuk mendukung observasi gejala fisika dan penerapannya. Kita ingin membuat fisika tak membosankan. Misalkan, mengapa dalam peraturan kereta api, jika kereta melintas, mobil, motor, sepeda, becak, sampai orang yang berjalan kakipun harus berhenti menunggu. Apa alasan peraturan ini dibuat ? Kita bisa menjelaskan bahwa inersia atau massa kereta api jauh lebih besar dari kendaraan itu, sehingga untuk mengerem diperlukan gaya yang besar dan waktu yang lama dibandingkan kendaraan tersebut. Dalam contoh Newton di atas, ketika apel jatuh, apel ditarik bumi. reaksinya apel menarik bumi. Tetapi kenyataannya bumi tak bergerak mendekati apel, mengapa? Kita bisa menjelaskan apa sebabnya bumi tak bergerak mendekati apel. Untuk meningkatkan daya abstraksi dan daya tarik siswa, dapat dilanjutkan dengan menganalisa apa yang terjadi jika seorang astronot mencoba menarik roket yang rusak di ruang tanpa gaya. Untuk membahas momentum dan koefisien restitusi, dapat dilakukan eksperimen kecil, misalnya dengan mengamati tinggi pantul bola tenis di lantai semen, tanah, rumput dan sebagainya. Siswa dapat melakukan tugas-tugas tersebut dengan asyik. Harus ada unsur "fun", sehingga siswa tidak merasa tertekan. Sangat penting untuk mengambil contoh yang dibahas berkaitan dengan hal-hal yang ada di lingkungannya.
Banyak para murid sekarang menyukai basket. Dengan menggunakan gerak peluru, kita bisa memberi tugas dan membahas bersama-sama sudut tembakan bola sehingga masuk keranjang basket. Bisa juga dilanjutkan dengan masalah tolak peluru, dengan menghitung kecepatan tolak dan jarak lemparan bola serta sudut lemparannya. Hasil prediksi tersebut dapat diamati di lapangan, cocok atau tidak. Untuk lebih akurat dapat dimasukkan unsur gesekan udara dalam perhitungan dan analisa. Masalah paradoks saudara kembar dan berkelana menembus waktu dapat juga dijadikan topik untuk menarik minat dan mempertajam abstraksi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar